Senin, 15 April 2013

Proses Pencalegan PKPI YOGYA

YOGYA - Sembari mempersiapkan proses pencalegan, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) mulai menyusun strategi pemenangan pemilu. Dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) yang pertama kali digelar, Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) PKPI DIY mengumpulkan jajaran partai politik (parpol) yang tak lolos verifikasi.

Menurut Sekretaris Umum DPP PKPI DIY, Mustafa SE, di tingkat pusat terdapat 14 parpol tak lolos pemilu ikut bergabung ke partainya. "Sudah ada kesepakatan tertulis dan sekarang kami tindak lanjuti yang ada di daerah," terangnya saat ditemui di sela Rakerda DPP PKPI DIY di kantornya, Jalan Melati Kulon Yogyakarta, Minggu (14/04/2013).

Beberapa partai yang merapat ke PKPI tersebut, ungkap Mustafa, antara lain Partai Buruh, Partai Merdeka, Partai Republikan serta Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN). Diakuinya, pada pemilu 2009 lalu tidak ada satupun caleg dari PKPI DIY yang meraih kursi. Baik DPRD di tingkat Kabupaten/Kota maupun tingkat DIY.

Akan tetapi, beberapa parpol aliansi yang kini menyatakan diri bergabung ke PKPI telah memiliki kursi Dalam nota kesepakatan yang sudah dibangun, kader parpol yang tak lolos mengikuti pemilu tersebut akan menjadi prioritas untuk maju kembali melalui PKPI. "Mereka akan kami berikan nomor urut di atas. Asalkan memproses kartu anggota dulu. Ini sudah menjadi kesepakatan bersama," imbuhnya.

Oleh karena itu, dengan bergabungnya 14 parpol itu maka bisa menjadi kekuatan baru bagi PKPI. Untuk tingkat DIY, pihaknya mentargetkan 7 kursi sehingga bisa memiliki fraksi sendiri. Sementara tingkat daerah, PKPI DIY akan memaksimalkan suara di 3 kabupaten, yakni Bantul, Sleman dan Kulonprogo.

Sesuai kalkulasi hasil pemilu 2009 lalu, ketiga daerah tersebut merupakan basis massa yang cukup loyal. Sehingga jika ditambah dengan hasil suara parpol aliansi, maka PKPI optimis bisa memiliki fraksi di tiga daerah itu.

Terkait dengan pendaftaran bakal caleg ke KPU, menurut Mustafa akan dilakukan serentak pada 21 April 2013 mendatang. "Kami sebenarnya bisa lebih cepat. Tetapi masih menunggu berkas bakal caleg dari partai lain yang ingin bergabung dengan kami," tandasnya.

[krjogja.com]



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Slide PKPI

pkpinasional's Slide MCPKPI album on Photobucket

PKPI Video

http://www.youtube.com/user/pkpinasional