Kamis, 18 April 2013

Persaingan Dapil Tanete

BARRU,BKM - Daerah pemilihan (dapil) Tanete yang meliputi tiga kecamatan, yakni Tanete Rilau, Tanete Riaja dan Pujananting bakal menjadi dapil panas. Calon legislatif akan berebut pengaruh di wilayah ini pada pemilu 2014 mendatang.

Sederet nama keluarga pejabat akan bersaing di dapil ini. Diataranya istri Wakil Bupati Barru H Andi Anwar Aksa, Hj Andi Amriani Rauf,BA yang diusung Partai Golkar dan Andi Zulkifli, adik ipar Bupati Barru H Andi Idris Syukur yang mengendarai PKS. Juga ada H Fahkruddin Sabir yang saat ini masih menjabat sebagai Ketua DPRD Barru sekaligus Ketua Harian DPD II Partai Golkar Barru.
Begitu pula di wilayah dapil Utara Kabupaten Barru. Tiga keluarga mantan Bupati Barru H Andi Muhammad Rum ikut bersaing dalam meraup suara. Seperti Andi Nurhudayah Aksa (istri Andi Rum) dari Partai Golkar, Abd Salam Aksa (adik ipar Andi Rum) utusan Partai Demokrat, dan Andi Akram Anwar Aksa (putra sulung Wabup Barru) yang juga keponakan dari istri Andi Muhammad Rum.
Di dapil Utara yang meliputi wilayah Kecamatan Balusu, Soppeng Riaja dan Mallusetasi juga bakal maccaleg sejumlah incambent DPRD Barru. Diantaranya Wakil Ketua DPRD Barru, Nur Aman Syam(Hanura), H Saparuddin Latif (PKS), Hj Marwah (Golkar), Hj Asma Rosita(Golkar) dan Ir Sondeng (PKPI), serta Sekretaris DPD II Partai Golkar Barru Syamsu Marling bersama caleg dari partai lain.

Persaingan ketat di Dapil Tanete bukan hanya datang dari dua kubu keluarga tersebut. Sejumlah nama tenar yang menyandang titel incumbent akan bertarung di dua wilayah dapil ini.
Di dapil Tanete masih akan bertarung sejumlah anggota dewan incumbent seperti Salam Harda (Hanura), Muhammad Bahri (PKS), Bayasit (Golkar), Andi Syahrir Tahir(Golkar), H Burhanuddin(PBB) dan H Abu Jahya (sebelumnya di PBR).

Juga ada empat pendatang baru yakni mantan Wakapolres Barru AKBP Purn H Jamaluddin (Golkar), mantan Kades Bulo-bulo Hacing (Golkar) dan Andi Amrullah P, mantan Kadis Diknas yang akan maccaleg melalui Partai Amanat Nasional (PAN), serta aktivis pemuda nelayan Ilyas Banno (PKB).
Sementara di Dapil Kota Barru sederet nama caleg juga tak ketinggalan bakal bersaing ketat untuk memperebutkan suara di Kota Barru. Sebut saja 4 incumbent DPRD Barru, yakni Wakil Ketua DPRD Andi Haeruddin (Demokrat), Hj Daribuana Kamil (Golkar), Idham Halik (sebelumnya PDK), H Andi Maru (PKPI) dan pendatang baru dari Partai Golkar H Mansyur Haedar mMantan Kadis DPKD) serta sejumlah caleg dari partai lain.

Meski begitu, Ketua KPUD Barru, H Amrullah Mamma mengakui jika sampai saat ini belum ada satupun parpol di Barru yang menyetor nama-nama calegnya yang bakal diusung. Pihak KPUD sudah menetapkan batas akhir penyetoran nama-nama bakal caleg parpol sampai 22 April 2013.
''Munculnya nama caleg di sejumlah partai sampai sekarang masih diluar pengetahuan KPUD, karena itu merupakan urusan internal partai dan belum ada parpol yang menyetor daftar nama calegnya,'' jelas Amrullah Mamma.

[beritakotamakassar.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Slide PKPI

pkpinasional's Slide MCPKPI album on Photobucket

PKPI Video

http://www.youtube.com/user/pkpinasional