Senin, 08 April 2013

Bang Yos Cari Perempuan Untuk Caleg PKPI

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum meminta partai politik benar-benar memperhatikan kuota calon anggota legislatif dari kalangan perempuan sebesar 30%.

Apabila ada di antara parpol yang tidak memenuhi kuota tersebut akan dicoret seluruh nama-nama calegnya pada daerah pemilihan (dapil) itu.

Bahkan penegasan pemenuhan kuota perempuan ini telah diatur dalam peraturan KPU Nomor 7 tahun 2013 tentang pencalonan anggota DPR, DPRD provinsi, kabupaten, dan kota. Menanggapi hal itu, Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Sutiyoso partainya kesulitan memenuhi syarat kuota perempuan dalam daftar calon legislatif (caleg) yang akan diserahkan ke KPU. Bahkan bukan hanya PKPI saja, mungkin juga partai lain.

Meski demikian, PKPI tak akan menyerah begitu saja. "Ya kita mengalami kendala ya, tapi kita akan penuhi," ujar Sutiyoso di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (6/04) kemarin.

Sutiyoso menjelaskan, saat ini PKPI memang belum memenuhi kuota 30% perempuan dalam daftar caleg. Karenanya, Sutiyoso tiap hari berupaya menggaet bakal caleg dari kalangan perempuan. "Masih kurang banyak. Makanya saya tiap hari terus nyari-nyari perempuan untuk mau nyaleg di PKPI," ucapnya.

Bekas Gubernur DKI itu menjelaskan, PKPI dihadapkan pada kenyataan bahwa tidak semua perempuan mau terjun ke dunia politik. Di sisi lain, partai-partai lain yang bakal berlaga di Pemilu 2014 pun juga berupaya memenuhi syarat kuota perempuan. "Sementara ada 12 partai politik yang nguber," tuturnya.

Karenanya Bang Yos sapaan Sutiyoso menyayangkan ketentuan kuota 30% perempuan dalam daftar caleg. Menurutnya, aturan tersebut perlu dievaluasi dan tidak perlu dipaksakan pelaksanaannya. "Kalau di tempat-tempat tertentu tidak bisa, akhirnya gimana? Nanti pembantu didaftarkan," terang dia.

Meski demikian mantan Danjen Kopassus itu tiak ingin sembarangan memasang perempuan dalam daftar caleg PKPI.  "Yang pertama kan tingkat intelektualnya. Dia orang yang berpendidikan minimal S1. Lalu hidupnya sudah mapan biar tidak korupsi dan punya integritas. Track record-nya pun juga harus bagus," tandasnya.
(K-2/Roy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Slide PKPI

pkpinasional's Slide MCPKPI album on Photobucket

PKPI Video

http://www.youtube.com/user/pkpinasional