Jumat, 07 Juni 2013

Tjahjo Kumolo: Seharusnya Sutiyoso berjiwa pancasilais


Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Tjahjo Kumolo mengatakan, Ketua Umum Partai Kesatuan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Sutiyoso seharusnya berjiwa pancasilais. Pasalnya, Sutiyoso merupakan pensiunan TNI.

"Pak Sutiyoso itu Jenderal TNI. Seorang jenderal TNI itu intinya dia adalah prajurit saptamarga dan prajurit pancasilais," kata Tjahjo saat ditemui di Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (7/6/2013).

Dia juga mengatakan, jiwa pancasilais itu bukan hanya terdapat pada TNI yang masih aktif tetapi bagi seniornya yang sudah tidak lagi menjabat di lembaga tersebut.

"Itu harus melekat tidak hanya pada prajurit aktif, sampai pensiun pun jiwa saptamarga dan jiwa pancasilais itu harus melekat diri setiap warga negara. Apalagi Pak Sutiyoso seorang TNI," kata anggota Komisi I DPR ini

Sebelumnya, Sutiyoso mengkritik konsep Pancasila sebagai salah satu pilar bangsa yang disosialisasikan oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Taufik Kiemas.

Menurut Sutiyoso, Pancasila bukanlah bagian dari empat pilar. Tetapi, falsafah negara. "Saya tidak begitu setuju dengan pandangan Pak Taufiq Kiemas atau MPR tentang Pancasila sebagai salah satu dari empat pilar," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu di Jakarta, Rabu 5 Juni 2013.

Dia menambahkan, pandangan tersebut menyelaraskan Pancasila dengan UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI. "Padahal Pancasila lebih dari itu," kata dia.

Lebih lanjut dia menuturkan, Pancasila bukan pilar melainkan dasar atau 'Weltanschauung', pandangan hidup bangsa Indonesia.

[sindonews.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Slide PKPI

pkpinasional's Slide MCPKPI album on Photobucket

PKPI Video

http://www.youtube.com/user/pkpinasional