Rabu, 05 Juni 2013

Sutiyoso: Taufik Kiemas Keliru Pahami Pancasila


Jakarta - Ketua Umum Partai Kesatuan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Sutiyoso menkritik konsep Pancasila sebagai salah satu pilar bangsa seperti yang disosialisasikan oleh ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Taufik Kiemas.
Menurutnya, Pancasila bukan  bagian dari empat pilar tapi merupakan falsafah negara.
"Saya tidak begitu setuju dengan pandangan Pak Taufiq Kiemas atau MPR tentang Pancasila sebagai salah satu dari empat pilar. Pandangan itu menyelaraskan Pancasila dengan UUD '45, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. Padahal Pancasila lebih dari itu," ujarnya kepada wartawan di Jakarta, Rabu (5/6/2013).
Menurutnya, Pancasila bukan pilar melainkan dasar atau 'Weltanschauung', pandangan hidup bangsa indonesia.
Pancasila, kata Sutiyoso  merupakan landasan dan jiwa bangsa Indonesia.
"Konsep Empat Pilar sangat tidak tepat dan fatal karena merendahkan nilai Pancasila. Pancasila yang merupakan dasar negara tidak setara dengan Kebhinnekaan atau UUD 1945, dan bahkan NKRI," tegasnya.
Menurut Bang Yos, konsep yang lebih tepat untuk menggantikan istilah Empat Pilar Kebangsaan adalah Pancasila Plus Tiga. Artinya, Pancasila merupakan pedoman utama yang dilengkapi UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.
Sebelumnya, konsep Empat Pilar Kebangsaan memang  tengah gencar disosialisasikan oleh MPR.
Bang Yos menginginkan, MPR segera mengoreksi konsep Pancasila sebagai empat pilar. D
alam rangka mengoreksi pemahaman yang keliru soal Pancasila ini, Bang Yos rencananya akan menerbitkan sebuah buku yang isinya tentang Pancasila sebagai falsafah  yang harus menjiwai seluruh nafas hidup bangsa Indonesia.
Selain itu, lanjutnya, karena Pancasila merupakan jiwa bangsa Indonesia, maka Pancasila merupakan fondasi yang menjadi dasar dari semua prinsip politik tentang bagaimana membangun Indonesia.
Karena itu, Pancasila tidak tepat dijadikan azas tunggal partai politik di Indonesia. Sebab, akan mengganggu segala kebebasan ideologi politik.
"Pancasila dijadikan sebagai saringan bagi organisasi politik. Dengan demikian, sebebas-bebasnya partai membangun ideologi politik tetap saja akan tersaring dengan sempurna oleh Pancasila," ujar Sutiyoso.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Slide PKPI

pkpinasional's Slide MCPKPI album on Photobucket

PKPI Video

http://www.youtube.com/user/pkpinasional