Rabu, 22 Mei 2013

Verifikasi Perbaikan Caleg, KPU Kerja Hingga Malam

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) segera akan memeriksa berkas perbaikan daftar bakal caleg (bacaleg) yang baru saja diserahkan oleh 12 partai politik (parpol).

Ketua KPU Husni Kamil Manik, mengatakan dalam satu minggu ke depan petugas KPU akan bekerja memeriksa keabsahan bacaleg perbaikan.

"Dengan kondisi saat ini petugas kami akan mengerjakan mulai dari pukul 12.00 WIB, karena mayoritas bekerja sampai malam untuk memeriksa dan menilai apakah sah dan tidak dokumen yang ada," kata Husni, kepada wartawan di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2013).

Setelah dilakukan pemeriksaan tim verifikator, sambung Husni, komisioner KPU juga akan melakukan pemeriksaan akhir dengan memeriksa catatan tim.

"Pada masa itu mungkin akan ada koreksi lagi, tapi kami berharap tidak ada yang terkoreksi lagi karena tim kita bisa lebih teliti dari sebelumnya," jelasnya.

Mengenai metode penelitian berkas, lanjut Husni, sama dengan metode yang dipakai saat pendaftaraan bacaleg lalu. Dimana dokumen yang diajukan menjadi acuan utama dan selanjutnya diperiksa satu persatu nama calon dan kelengkapan dokumen.

Husni menambahkan setelah dilakukan pemeriksaan, nama bacaleg akan diumumkan menjadi Daftar Caleg Sementara (DCS) yang diumumkan pada 12 Juni mendatang.

Namun, caleg yang sudah menjadi DCS bisa saja dicoret, jika ada laporan pelanggaran hukum, perbuatan asusila dan lainnya dari masyarakat. "Nanti proses tanggapan masyarakat satu minggu, lalu dikonfirmasi dua minggu dan terakhir penetapan DCT 25 Agustus," tegas Husni.

[okezone.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Slide PKPI

pkpinasional's Slide MCPKPI album on Photobucket

PKPI Video

http://www.youtube.com/user/pkpinasional