Rabu, 22 Mei 2013

Survei capres eks militer, Sutiyoso hasil tertinggi


Sindonews.con - Kelompok kajian pembangunan sosial politik Indonesia merilis hasil survei tentang preferensi politik mahasiswa di tujuh kota besar di Indonesia mengenai tokoh militer menjelang 2014.

Berdasarkan rekapitulasi hasil survei 'young intellectual opinion' yang dilakukan dalam rangka mengukur calon presiden (Capres) dari sepuluh tokoh kalangan militer, diketahui bahwa berdasarkan penilaian responden, ada tiga tokoh militer yang dipersepsikan layak menjadi capres di tahun 2014.

Ketiga tokoh itu yakni Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) atau mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Djoko Suyanto dan Ketua Umum Partai Hanura Wiranto.

Ketiga tokoh tersebut mendapatkan nilai tertinggi dari 10 nama perwira dan mantan perwira tinggi militer yang disurvei.

Di posisi pertama yakni Sutiyoso dengan total 112.280 suara atau 80,2 persen. Di posisi kedua yakni Djoko Suyanto dengan total 107.100 suara atau 76,5 persen. Lalu diposisi ketiga yakni Wiranto dengan total 103.320 suara atau 73,8 persen.

Kemudian di posisi keempat adalah Endriartono Sutarto dengan 93.940 suara atau 67,1 persen. Lalu diposisi kelima adalah Prabowo Subianto dengan 92.120 suara atau 65,8 persen. Di susul posisi keenam yakni Agum Gumelar dengan 85.960 suara atau 61,4 persen. Di posisi ketujuh yakni Pramono Edhie Wibowo dengan 78.820 suara atau 56,3 persen. Sementara di posisi ke-delapan, yakni Saurip Kadi dengan 77.700 suara atau 55,5 persen.

Sedangkan di posisi kesembilan yaitu Slamet Subijanto dengan 73.360 suara atau 52,4 persen. Lalu, di posisi paling buncit atau kesepuluh adalah Kivian Zein dengan 63.140 suara atau 45,1 persen.

"Survei dilaksanakan di kota besar di tujuh Provinsi, yaitu Sumatera Utara, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan," ujar salah satu peneliti dari Kelompok Kajian pembangunan sosial politik Indonesia, Nayawan Persada di Wisma Antara, Jakarta Pusat, Selasa (12/2).

Dikatakannya, Sampling dalam survei ini menggunakan metode quota sampling. Sementara pengumpulan data dilakukan pada 1-15 Januari 2013.

"Survei dipilih 200 responden yang merupakan mahasiswa di Universitas Negeri di setiap kota pengamatan," katanya.

Dia pun menjelaskan mengapa survei ini dikhususkan hanya untuk tokoh militer. "Kenapa militer? Karena militer dipandang tokoh yang tegas, berwibawa, berani. Makanya banyak yang menginginkan,"tegasnya.

Lalu, ia pun menganggap bahwa mahasiswa merupakan salah satu kelompok yang memiliki kemampuan intelektual untuk menelaah sejumlah tokoh militer ini. Itu mengapa, kata dia, hanya mahasiswa yang dijadikan responden dalam survei ini.

"Dari survei, ternyata ada 3 tokoh militer yang menurut mahasiswa layak jadi capres 2014. Sutiyoso, Djoko Suyanto dan wiranto. Karena ketiga tokoh ini memiliki nilai diatas 70 persen,"jelasnya.

Berikut 10 besar tokoh militer yang dianggap layak jadi capres 2014 versi Kelompok kajian pembangunan sosial politik Indonesia :

1. Letjend TNI Purnawirawan Sutiyoso
2. Marsekal TNI Purn.Djoko Suyanto
3. Jend.TNI Purn.Wiranto
4.Jend.TNI Purn.Endriartono Sutarto
5.Letjend TNI Purn.Prabowo Subianto
6.Jend.TNI (HOR) Purn.Agum Gumelar
7.Jend.TNI Pramono Edhie Wibowo
8.Mayjend TNI Purn.Saurip Kadi
9.Laksamana TNI Purn.Slamet Subijanto
10.Mayjend TNI Purn.Kivlan Zein

1 komentar:

Slide PKPI

pkpinasional's Slide MCPKPI album on Photobucket

PKPI Video

http://www.youtube.com/user/pkpinasional