Jumat, 16 Agustus 2013

TENTANG PENGANGKATAN HAKIM KONSTITUSI


Ashary Ali Agus, SE, MM
(Ketua Bidang Legislator)


PENDAPAT
Tentang pengangkatan patrialis, pertama adalah kewenangan tentang pengangkatan, kemudian unsur apa saja yang harus dipenuhi, dan yang terpenting adalah apakah syarat-syarat sesudah terpenuhi? Kalau semua sudah memenuhi Kriteria saya kira tidak perlu ada perdebatan tentang hal tersebut. Walaupun ada kesalahan terhadap pengangkatan masih ada kesempatan untuk evaluasi karena seperti biasanya dalam perbuatan surat keputusan selalu ada celah pemerintah untuk melakukan perubahan terhadap peraturan/keputusan. Tentunya ada syarat yang harus dipenuhi. Kedua, patrialis sendiri tentu memenuhi kriteria yang disyaratkan oleh peraturan tentang hal tersebut. Ketiga, presiden dan partai politik pengusul tentu memiliki pertimbangan tersendiri tentang tersebut.
Keempat, kita tidak bisa menghakimi serta menyamakan tugas yang satu dengan tugas yang lain. Bisa saja seseorang tidak tepat disuatu posisi tapi tepat diposisi yang lain, jika ada pihak-pihak tertentu yang terusik akan masalah ini tentu menjadi pertanyaan di benak kita apa yang melatari pendapat tersebut dank arena ini politik tentu semua tidak terlepas dari kepentingan-kepentingan politik tertentu. Dan kelima, apapun yang kita katakan kita tidak bisa memungkiri bahwa patrialis adalah mantan menteri dengan segala kekurangan dan kelebihannya.

SOLUSI
Menurut pendapat saya untuk kita tidak secara terburu-buru melakukan evaluasi, kita berikan kesempatan kepada yang bersangkutan untuk membuktikan kemampuannya melaksanakan tugas tersebut.
Mungkin sudah saatnya kita semua menyamakan pandangan kita terhadap setiap niat baik (mudah-mudahan begitu) yang dilakukan pemerintah kalau pun akan dievaluasi tentu ada saatnya, nanti kita semua mengevaluasi. Sekarang marilah kita selaku warga Negara yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat bangsa dan Negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Slide PKPI

pkpinasional's Slide MCPKPI album on Photobucket

PKPI Video

http://www.youtube.com/user/pkpinasional