Jumat, 22 Maret 2013

Kalah dari PKPI, KPU Segera Rapat Pleno

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar rapat pleno guna membahas kekalahannya dalam putusan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) yang menyatakan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) menjadi peserta Pemilu 2014.
 
"Kalau kita sebagai kuasa hukum tentu harus menghormati keputusan dari pengadilan. Tetapi, mengenai masalah apa yang akan dilakukan KPU tentu nanti berdasarkan rapat pleno yang nanti akan dilakukan KPU," ungkap Kuasa Hukum KPU, Baginda Siregar di Gedung PTTUN, Jakarta, Kamis (21/3/2013).
 
Baginda menambahkan, rapat pleno yang akan digelar KPU dalam waktu dekat ini, tidak hanya membahas soal partai binaan Sutiyoso saja, melainkan beberapa partai lain yang sudah malakukan upaya hukum.
 
"Segala keputusannya oleh KPU dilakukan rapat pleno. Nanti apa yang jadi keputusannya akan disampaikan setelah itu, karena ini komisioner jadi tidak diputuskan oleh individu," tegasnya.
 
Saat disinggung, apakah KPU akan bersikap sama dengan Partai Bulan Bintang (PBB) yang sudah diputuskan PTTUN lebih dulu, Baginda enggan menduga-duga.
 
"Karena dalam hal ini saya kuasa hukum KPU dalam sengketa PKPI. Nanti, yang terkait sikap KPU, nanti komisioner sendiri yang akan menyampaikan sikap mereka," paparnya.
 
Sementara terkait kasasi ke Mahkamah Agung, Baginda tampak enggan berkomentar. "Saya tidak sampai ke situ, karena urusan kasasi itu lain lagi pertimbangannya. Kalau itu tadi salah satu pertimbangan majelis hakim. Kita belum dapat menilai apakah pertimbangan majelis hakim itu akan dilakukan pengkajian yang lebih dalam. Karena putusan ini masih sangat baru," simpulnya.
 
Sementara itu, salah satu Komisioner KPU, Ida Budhiarti mengapresiasi upaya hukum yang ditempuh PKPI sebagai bagian dari pendidikan politik, penyelesaian sengketa dengan menempuh upaya hukum.
 
"Memperhatikan tata kerja KPU, putusan PTTUN akan saya sampaikan kepada ketua dan anggota KPU. Tindaklanjut putusan PTTUN akan diambil keputusan dalam pleno KPU," kata Ida dalam pesan singkatnya.

[okezonenews - 21/03/2013|13:32WIB]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Slide PKPI

pkpinasional's Slide MCPKPI album on Photobucket

PKPI Video

http://www.youtube.com/user/pkpinasional